Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : UPT SD Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : I/1
Materi Pokok : Aku Ciptaan Tuhan
Alokasi Waktu : … x Pertemuan (35 menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menerima dan mensyu-kuri dirinya sebagai ciptaan Allah
2.1 Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dirinya sebagai ciptaan Allah
3.1 Mengenal dirinya sebagai ciptaan Allah
4.1 Membuat karya sederhana yang menunjukkan bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah
|
· Memperkenalkan dirinya untuk menunjukkan kemahakuasaan Allah melalui keistimewaan dan keunikan dirinya.
· Menyebutkan ciri-ciri dirinya yang umum maupun yang khas
· Menunjukkan sikap bersyukur atas keunikan dirinya.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:
· Mensyukuri identitas dirinya sebagai suatu anugerah dari Tuhan
· Memahami ciri-ciri tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
· Menjelaskan bahwa seluruh anggota tubuh adalah ciptaan Tuhan
· Mempraktikkan cara memperkenalkan diri di depan kelas
· Mengucapkan doa syukur karena Tuhan mengaruniakan anggota tubuh
D. Materi Pembelajaran
· Aku Ciptaan Tuhan
Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya. Menurut gambar Allah diciptakannya. Dia laki-laki dan perempuan diciptakannya mereka.
Siapa yang menciptakan aku?
Aku diciptakan oleh Allah.
Aku memanggilnya Allah Bapa.
Allah sangat menyayangi aku.
Allah selalu menjagaku,
setiap hari setiap jam setiap waktu.
Aku mencintai Allah seperti
aku mencintai ayah dan ibu.
E. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Tanya jawab
· Cerita
· Pemberian Tugas
F. Sumber Belajar
· Alkitab : Kejadian 1: 27
· Buku Pendidikan Agama Kristen : Yesus Maha Pengasih untuk SD Kelas 1 Penerbit Bina Media Perintis
G. Media Pembelajaran
· Gambar anggota tubuh ( gambar berwarna seorang anak laki-laki dan perempuan)
· Peserta didik dan guru
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
Bernyanyi dan berdoa ( Pertemuan pertama ini dipimpin oleh guru)
a. Apersepsi
· Guru bercerita betapa istimewanya manusia atau diri peserta didik sebagai ciptaan Tuhan
· Guru menekankan betapa Allah menyanyangi peserta didik satu persatu, sehingga peserta didik belajar menerima dirinya.
2. Kegiatan Inti (20 menit)
a. Mengamati
· Peserta didik menyimak cara memperkenalkan dirinya sendiri dan mengamati gambar perkenalan di buku siswa
· Peserta didik mengamati teman sekelasnya yang diunjuk atau dengan senang hati memperkenalkan dirinya di depan kelas
b. Menanya
· Peserta didik dibimbing untuk menemukan hal-hal yang perlu dipertanyakan, sehingga mampu bertanya kepada temannya melalui perkenalan dengan teman sekelas dan mengajukan pertanyaan kepada guru (menanyakan alamat temannya, suku temannya, kegemaran temannya, dll)
c. Mengumpulkan informasi (Eksplorasi)
· Peserta didik dibimbing untuk mengamati anggota tubuh dengan memperhatikan ciri-ciri beberapa temannya yang telah memperkenal dirinya di depan kelas, kemudian membandingkannya dengan ciri-ciri dirinya sendiri
d. Mengasosiasi
· Peserta didik secara bersama-sama mewarnai mengekspresikan cara saat berkenalan dengan teman dan peserta didik dibimbing untuk menalar cara berkenalan denngan mewarnai gambar tentang siswa yang saling sapa berdasarkan gambar di buku teks
e. Mengkomunikasikan
· Peserta didik secara bergantian memperkenalkan diri di depan kelas
· Peserta didik menyebutkan nama temannya yang telah ia amati saat perkenalan
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Di akhir pelajaran, guru menekankan kembali bahwa setiap manusia diciptakan berbeda, sehingga harus saling menghargai. Dan mengajak peserta didik agar belajar bersyukur karena telah diciptakan
b. Peserta didik menerima tugas dari guru
c. Berdoa bersama
I. Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik penilaian : Observasi
b. Bentuk instrument : Lembar observasi
c. Kisi-kisi :
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Berperilaku syukur
|
- Perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan
- Tidak mengeluh
- Selalu berterimakasih bila menerima pertolongan
- Suka memberi atau menolong sesama
|
2. Sikap social
a. Teknik penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk instrument : Lembar penilaian
c. Kisi-kisi :
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Keterbukaan
|
- Mengungkapkan perasaan apa adanya
- Mengaku kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
2
|
Ketekunan belajar
|
- Mengerjakan tugas seperti yang diarahkan
- Dengan kemauan sendiri menyiapkan alat belajar
- Berfokus pada tugas sendiri tanpa mengganggu teman dan ketika diganggu teman
|
3
|
Kedisiplinan
|
- Datang tepat waktu
- Mengerjakan dan mengumpul tugas sesuai waktu yang ditentukan
|
4
|
Tanggung jawab
|
- Melaksanakan tugas individu dengan baik
- Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
- Mengembalikan barang yang dipinjam
|
Dst
|
…….
|
Catatan: penilain sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
3. Pengetahuan
a. Teknik penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk instrument : isian
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menerima dan mensyukuri bahwa dirinya ciptaan Allah
|
1. Aku diciptakan oleh….
2. Allah…. Dan…. Aku
3. Aku bernyanyi di gereja untuk…. Allah
4. Tuhan menciptakan manusia menurut…Nya
5. Kita memuji Tuhan dengan...
|
4. Keterampilan
a. Teknik penilaian : Praktik
b. Bentuk instrument : Lisan
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Membuat atau mengucapkan doa sederhana
|
Bacalah doa sederhana yang terdapat pada bukumu atau buatlah doa mu sendiri, kemudian ucapkanlah doa tersebut di depan kelas!
|
Medan , Juli 2019
Mengetahui
Kepala UPT UPT SD Negeri 064025 Guru Agama Kristen
JAMAHI SARAGIH, S.PD, M.PD YUNI GINTING, S.PD.K
NIP.19721212 19412 1 001
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : UPT SD Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : I/1
Materi Pokok : Ciptaan Tuhan Paling Istimewa
Alokasi Waktu : … x Pertemuan (35 menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai ciptaan Allah
2.1 Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dirinya sebagai ciptaan Allah
3.1 Mengenal dirinya sebagai ciptaan Allah
4.1 Membuat karya sederhana yang menunjukkan bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah
|
· Mengucapkan syukur dengan menyanyikan lagu dan mengucapkan doa sederhana bertemakan anggota tubuh sebagai ucapan syukur atas tubuh yang diberikan Allah.
· Mengamati ciri-cirinya yang umum maupun yang khas
· Menunjukkan letak anggota tubuhnya yang telah diciptakan Allah dengan sempurna
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:
· Mensyukuri identitas dirinya sebagai suatu anugerah dari Tuhan
· Mengetahui nama-nama anggota Tubuh
· Menjelaskan bahwa seluruh anggota tubuh adalah ciptaan Tuhan
· Mengucapkan doa syukur karena Tuhan mengaruniakan anggota tubuh
D. Materi Pembelajaran
· Ciptaan Tuhan Paling Istimewa
Kejadian 5:2 Ia menciptakan mereka laki-laki dan perempuan. Pada hari mereka diciptakan, Allah memberkati mereka dan menamai mereka manusia.
Aku berdiri di depan cermin.
Aku melihat semua anggota tubuhku.
Aku menyebutkan nama anggota tubuhku.
Anggota tubuhku diberikan oleh Tuhan.
Allah menciptakan aku.
Allah menciptakan tubuhku dengan sangat baik,
memberiku tubuh yang indah.
Tubuhku terdiri dari anggota-anggota seperti kepala,
tangan, kaki dan lain-lain.
Di kepalaku ada rambut, mata, hidung, telinga, dan mulut.
E. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Tanya jawab
· Cerita
· Pemberian Tugas
F. Sumber Belajar
· Alkitab
· Buku Pendidikan Agama Kristen: Yesus Maha Pengasih untuk SD Kelas 1 Penerbit Bina Media Perintis
G. Media Pembelajaran
· Gambar anggota tubuh
· Peserta didik dan guru
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
Bernyanyi dan berdoa
a. Apersepsi
· Guru mengajak siswa bernyanyi dengan gerakan, untuk masuk ke dalam materi mengenal anggota tubuh
· Guru memandu peserta didik untuk menunjukkan anggota tubuhnya
2. Kegiatan Inti (20 menit)
a. Mengamati
· Peserta didik membaca buku siswa tentang anggota tubuh
· Peserta didik mengamati gambar anggota tubuh yang ditampilkan guru
· Mengamati anggota tubuhnya untuk mengenal nama, letak, dan perbedaan anggota tubuh yang dimilikinya dengan temannya
b. Menanya
· Menanyakan beberapa perbedaan antara dirinya dan temannya yang menunjukkan keistimewaan setiap peserta didik serta menunjukkan kemahakuasaan Allah
c. Mengumpulkan informasi
· Peserta didik mempraktikkan menyebutkan nama anggota tubuh yang ada pada temannya
· Menggali ayat Alkitab yang berhubungan dengan manusia ciptaan yang istimewa
d. Mengasosiasi / menalar
· Peserta didik mengisi bagan anggota tubuh yang telah diciptakkan Allah
e. Mengomunikasi
· Peserta didik secara bergantian menunjuk salah satu anggota tubuh temannya (nama dan fungsinya)
· Mengucapkan syukur melalui doa sederhana atas tubuh istimewa yang diberikan Allah
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik menerima tugas dari guru
b. Berdoa bersama
I. Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik penilaian : Observasi
b. Bentuk instrument : Lembar observasi
c. Kisi-kisi :
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Ketaatan beribadah
|
- Perilaku patuh dalam melaksanakan ibadah singkat dikelas, baik ketika bernyanyi dan berdoa
- Mau mengajak temannya berdoa atau bernyanyi
|
2
|
Berperilaku syukur
|
- Perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan
- Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka
- Bersyukur atas pemberian orang lain
- Mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam
|
2. Sikap social
a. Teknik penilaian : Observasi
b. Bentuk instrument : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Keterbukaan
|
- Mengungkapkan perasaan apa adanya
- Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
- Mengaku kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
2
|
Ketekunan belajar
|
- Mengerjakan tugas seperti yang diarahkan
- Dengan kemauan sendiri menyiapkan alat belajar
- Berfokus pada tugas sendiri tanpa mengganggu teman dan ketika diganggu teman
|
3
|
Tanggung jawab
|
- Melaksanakan tugas individu dengan baik
- Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
- Mengembalikan barang yang dipinjam
- Menepati janji
- Tidak menyalahkan orang lain
|
dst
|
…….
|
3. Pengetahuan
a. Teknik penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk instrument : isian
c. Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Memahami nama anggota tubuh
|
1. Warnailah dan berilah nama anggota tubuh pada gambar berikut ini!
2. Bagian tubuh manakah yang digunakan untuk membaca Alkitab?
|
2
|
Mengenal fungsi anggota tubuh
|
4. Keterampilan
a. Teknik penilaian : Penilaian
b. Bentuk instrument :
c. Kisi-kisi :
No
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Membuat doa atau puisi sebagai bentuk rasa syukur atas tubuh pemberian Allah
|
Buatlah doa syukur karena telah diberikan tubuh yang indah oleh Tuhan dan bacakanlah di depan kelas
|
Medan , Juli 2019
Mengetahui
Kepala UPT SD Negeri 064025 Guru Agama Kristen
JAMAHI SARAGIH, S.PD, M.PD YUNI GINTING, S.PD.K
NIP.19721212 19412 1 001
cek juga